Reading Time

MEMBACA

Membaca merupakan proses. Membaca bukanlah proses yang tunggal melainkan sintesis dari berbagai proses yang kemudian berakumulasi pada suatu perbuatan tunggal.

Membaca diartikan sebagai pengucapan kata-kata, mengidentifikasi kata dan mencari arti dari sebuah teks.
Membaca diawali dari struktur luar bahasa yang terlihat oleh kemampuan visual untuk mendapatkan makna yang terdapat dalam struktur dalam bahasa.

Dengan kata lain, membaca berarti menggunakan struktur dalam untuk menginterpretasikan struktur luar yang terdiri dari kata-kata dalam sebuah teks.Harjasujana (1996:4)

Hakikat Membaca adalah:

  1. Pengembangan keterampilan, mulai dari keterampilan memahami kata-kata, kalimat-kalimat, paragraf-paragraf dalam bacaan sampai dengan memahami secara kritis dan evaluatif keseluruhan isi bacaan.
  2. Kegiatan visual, berupa serangkaian gerakan mata dalam mengikuti baris-baris tulisan, pemusatan penglihatan pada kata dan kelompok kata, melihat ulang kata dan kelompok kata untuk memperoleh pemahaman terhadap bacaan.
  3. Kegiatan mengamati dan memahami kata-kata yang tertulis dan memberikan makna terhadap kata-kata tersebut berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dipunyai.
  4. Suatu proses berpikir yang terjadi melalui proses mempersepsi dan memahami informasi serta memberikan makna terhadap bacaan.
  5. Proses mengolah informasi oleh pembaca dengan menggunakan informasi dalam bacaan dan pengetahuan serta pengalaman yang telah dipunyai sebelumnya yang relevan dengan informasi tersebut.
  6. Proses menghubungkan tulisan dengan bunyinya sesuai dengan sistem tulisan yang digunakan.
  7. Kemampuan mengantisipasi makna terhadap baris-baris dalam tulisan. Kegatan membaca bukan hanya kegiatan mekanis saja, melainkan merupakan kegiatan menangkap maksud dari kelompok-kelompok kata yang membawa makna.

READING TIME DI SEKOLAH_GARASI YANG DILAKSANAKAN SEJAK TAHUN 2007, KINI MENDAPAT DUKUNGAN DARI PEMERINTAH

Alhamdulillah yang kami lakukan sejak sekolah kami berdiri pada tahun 2007 sekarang mendapat dukungan dari program pemerintah. Reading time merupakan kegiatan pemanasan, dilakukan selama satu jam pelajaran pertama setiap hari.

Sebelum kegiatan KBM di mulai  para peserta didik din MI Amanah _ Sekolahgarasi membiasakan anak – anak membaca,  baik itu koran , majalah, buku cerita , ataupun buku mata pelajaran , setelah selesai membaca anak – anak mendiskusikan  apa yang dibaca,   dengan teman ataupun dengan bapak / ibu guru yang mendampingi mereka, membaca pun tidak harus duduk manis di depan kursi dan meja , anak- anak melakukan  kegiatan membaca  sesuka hati mereka , ada yang sabil  tiduran, ada yang sambil bermain di bawah pohon ,  kegiatan tersebut tatap ada dalam dampingan bapak dan ibu guru .

AYO DUKUNG  KEGIATAN  BACA 15 MENIT

terimakasiih

oleh : admingarasi

@Kentar Budhojo

sriharyani517@gmail.com

Komentar dengan Facebook

komentar