Belajar Sambil Bermain

Membuat siswa betah dan nyaman dengan fasilitas bermain dan suasana kedekatan satu sama lain tak ada yang saling bertengkar. Siswa diberi kebebasan untuk bermain di sekitaran, entah bermain tanah, bermain di sawah, bahkan bermain dengan ratusan bebek yang dekat dengan ruangan kelasnya. Semua bisa dilakukan tanpa ada larangan seorang pun termasuk guru.

Hari ini, Sabtu, 31 Oktober 2015 para siswa kelas 5 dan 6 bermain sambil belajar mencampurkan antara batu bata merah dengan air garam dalam proses pembuatan telur asin, dengan bimbingan dari bunda Siska anak anak belajar tentang pembuatan telur asin.

Anak – anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini, selain belajar tentang ketrampilan / kewirausahaan mereka juga mengapresiasikan ilmu yang telah mereka terima, mereka belajar tentang perbandingan, seperti banyaknya air garam dengan bubuk batu bata, kemudian menentukan perbandingan banyak nya telur dengan bnyaknya adonan air garam dengan bubuk batu bata, menghitung berapa lama telur itu direndam.

Anak – anak bekerjasama mencuci telur bebek nya, kemudian mencapurkan keadonan , dan menyimpan nya.
Selain melatih kekompakan dari anak, kegiatan ini juga mempersiapkan anak untuk berkreasi, harapan nya setelah mengikuti kegiatan ini anak-anak, mempunyai pengalaman usaha kreatif untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

Komentar dengan Facebook

komentar